Bg

Berita - IAIN Surakarta

IAIN Surakarta Terapkan LBKD Online

19 Maret 2021

Peningkatan kualitas dalam suatu instansi diberbagai lini, baik dari aspek Sumber Daya Manusia dan Sarana serta Prasarana merupakan sebuah keniscayaan dan keharusan bagi eksistensi dan berkembangnya suatu instansi. Pada Kamis 18 Maret 2021, IAIN Surakarta melalui LPM IAIN Surakarta menggelar acara “Sosialisasi Laporan Kinerja Dosen Online” yang bekerjasama dengan tim PTIPD IAIN Surakarta. Acara ini diikuti puluhan peserta yang juga merupakan dosen dan assesor.

Sembari menunggu mulainya waktu masuknya acara formal, antusiasme peserta yang cukup tinggi untuk menyegerakan acara sosialisasi di mulai. Maka, Ketua LPM IAIN Surakarta, Dr. Lukman Fauroni, S.Ag, M.Ag segera memandu jalannya persiapan teknis penggunaan aplikasi LBKD online secara non formal yang bersinergi langsung dengan tim melalui persiapan visual secara teknis. Dalam sambutannya, Dr. Lukman Fauroni, S.Ag, M.Ag menjelaskan bahwa untuk menuju peningkatan kualitas dalam bidang layangan akademis, salah satu di antaranya adalah melalui pergeseran sistem LBKD offline kepada sistem online, yang kedepannya diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi assesor dan dosen, kompetensi dosen sesuai dengan keilmuannya, dan proses akademik berjalan dengan lancar.

Setelah masuknya waktu formal acara sosialisasi, antusiasme peserta secara non formal tersebut dilanjutkan dengan acara formal yang diawali dari acara pembukaan, dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua LPM IAIN Surakarta, yang menegaskan bahwa kualitas pembelajaran harus ditingkatkan dari sistem offline kepada sistem online agar mampu mencetak lulusan yang mampu bersaing secara Nasional. Seiring dengan pernyataan ketua LPM IAIN Surakarta, Rektor IAIN Surakarta, Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag, M.Pd, dalam sambutannya menegaskan bahwa dengan adanya sosialisasi LBKD online dapat memotivasi kepada civitas akademik IAIN Surakarta untuk menyongsong “generasi emas”, baik dari tenaga pengajarnya maupun lulusan IAIN Surakarta.

Acara pembukaan pun di akhiri dengan doa bersama, dan kemudian dilanjutkan pada acara inti, yang dipandu langsung oleh Bapak Muhammad Latif Fauzi, M.A selaku sekretaris LPM IAIN Surakarta. Peserta bisa mencoba aplikasi secara langsung melalui gawainya masing-masing dan dapat langsung bertanya kepada tim pengembang aplikasi jika mengalami kesulitan dalam pengoperasiannya.

Diharapkan dengan adanya aplikasi online ini dapat memudahkan dosen dalam proses pembuatan laporan kinerja dosen dan memudahkan assesor untuk memvalidasi laporan kinerja dosen. Dan dalam pengembangannya nanti, tidak menutup kemungkinan akan adanya integrasi sistem dengan berbagai sistem penunjang yang telah tersedia, seperti siakad, sapto, dan lainnya.