Bg

Berita - IAIN Surakarta

FGD Penyusunan Pedoman Integrasi Penelitian dan PkM dengan Pembelajaran

30 Oktober 2020

Pada Senin 5 Oktober 2020 LPM IAIN Surakarta menyelenggarakan FGD Penyusunan Pedoman Integrasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan Pembelajaran. Acara dilaksanakan di Aula Rektorat lantai 3 dengan mengundang pembicara dari Universitas Islam Negeri  Walisongo Semarang, Dr. Muhyar Fanani, M.Ag.

Ketua LPM IAIN Surakarta, Dr. R. Lukman Fauroni, M.Ag dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sengaja digagas oleh LPM karena pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat harus terintegrasi dalam proses pembelajaran. LPM ingin agar ada sebuah standarisasi mutu dalam hal integrasi penelitian dan pengabdian dalam pembelajaran serta menjadi suatu budaya. Output dari kegiatan ini adalah diharapkan ada sebuah panduan yang dalam forum ini dapat di diskusikan dan kemudian di sahkan dengan SK.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd, yang mewakili Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam kebijakan di bidang akademik perlu melakukan integrasi antara pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Hal ini bukan merupakan keinginan para pimpinan namun sebuah tuntutan dari kebijakan nasional yang diukur dalam akreditasi. Jika kita tidak merespons kondisi ini maka dampaknya akan kesulitan dalam merespon item-item kriteria penilaian akreditasi. Usaha yang dilakukan misalnya melakukan update pada RPS pembelajaran dengan memasukkan hasil penelitian/ pengabdian terbaru yang telah dilakukan dosen. Penelitian berbasis kelimuan yang konsisten dilakukan secara berkelanjutan tiap tahun akan menjadi roadmap penelitian.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber dengan judul Integrasi Penelitian dan PKM dengan Pembelajaran di IAIN Surakarta. Sub judul yang disampaikan adalah mengenai SKL sebagai acuan pembelajaran, amanat regulasi terkini, dan integrasi regulasi dalam penelitian dan PkM.