Bg

Berita - IAIN Surakarta

FGD Penguatan Capaian Pembelajaran Lulusan pada Program Studi

30 September 2020

Rabu 23 September 2020 bertempat di Aula lantai 3 Gedung Rektorat, LPM IAIN Surakarta menyelenggarakan FGD Penguatan Capaian Pembelajaran Lulusan pada Program Studi. Pada kesempatan tersebut, Kaprodi dan Sekprodi yang selama ini menggawangi proses tercapainya capaian pembelajaran lulusan/ profil lulusan diundang sebagai peserta. Acara tersebut menghadirkan pembicara dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Muqowim, S.Ag., M.Ag.

Dalam sambutannya, Ketua LPM Dr. R. Lukman Fauroni, M.Ag menyampaikan bahwa LPM diibaratkan  sebagai pengumpan, namun goalnya tergantung kerjasama dari pihak-pihak terkait. Ketua LPM juga melaporkan bahwa beberapa prodi telah menyusun scientific vision yang akan dikembangkan menjadi rencana strategis Prodi. Namun sejauh ini masih ada beberapa Prodi yang belum menyusunnya. Diharapkan melalui forum ini, Prodi yang belum menyerahkan segera menyusun naskah scientific vision agar dapat dievaluasi bersama.

Selanjutnya Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan IAIN Surakarta, Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag yang mewakili rRktor dalam sambutanya menyampaikan bahwa saat ini mahasiswa baru yang di erima di IAIN Surakarta mencapai 16.800 lebih. Itu merupakan yang tertinggi kedua setelah IAIN Tulungagung. Kondisi ini menjadi tanggung jawab besar pengelola program studi dalam mengelola mahasiswa yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, baik dari segi kurikulum, managemen, dan hal terkait lainnya dapat mengarahkan pada capaian lulusan Prodi agar saat lulus nanti sesuai pasar masing-masing. Kompetensi utama dan pendukung harus tercermin dalam matakuliah-matakuliah tertentu. Termasuk Kaprodi dan Sekprodi harus memperbanyak literasi untuk menemukan matakuliah yang sesuai perkembangan zaman.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari pembicara dengan “Penguatan Capaian Pembelajaran Lulisan pada Program Studi-Program Studi di IAIN Surakarta”. Pada sesi tanya jawab, Sekprodi Hukum Ekonomi Syariah, M. Julijanto, M.Ag. mempertanyakan tentang apa saja yang perlu disiapkan untuk menunjang profil lulusan auditor Syariah. Di sesi akhir, sebagai penutup diakhiri dengan foto bersama.