Bg

Berita - IAIN Surakarta

LPM UPAYA TINGKATKAN REKOGNISI DOSEN IAIN SURAKARTA

29 Agustus 2020

 

Pada Rabu-Kamis, 12-13 Agustus 2020 LPM IAIN Surakarta menggelar workshop penyusunan panduan peningkatan rekognisi dosen. Acara dihadiri oleh wakil rector bidang akademik dan pengembangan lembaga, direktur pascasarjana, para dekan, ketua LP2M, kepala SPI, omah jurnal, dan para sertasekretaris program studii. Bertindak sebagai narasumber Dr.Lukman, S.T., M.Hum sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah VI Jawa Tengah.

Ketua LPM Dr. R. Lukman Fauroni, M.Ag menyampaikan kegiatan ini dirancang untuk menyusun  panduan guna meningkatkan rekognisi dosen. Pada umumnya rekognisi dosen, dicapai oleh dosen-dosen tertentu, namun dengan adanya panduan diharapkan dapat menciptakan budaya rekognisi di kalangan para dosen. Dengan panduan, diharapkan setiap fakultas dan pasca  sarjana, bahkan program studi dapat mendorong  pencapaian rekognisi dosen melalui berbagai tahapan program.

Wakil Rector 1 Dr. Imam Makruf, M.Pd dalam sambutannya menghimbau untuk memperkuat peningkatan kapasitas dosen  dengan memperbanyak karya melalui riset-riset mandiri. Dengan semakin produktif berkarya yang dihasilkan maka, akan meningkatkan rekognisi yang merupakan buah dari karya-karya kita. Sebagai lembaga yang menaungi dosen kita juga perlu menyusun strategi dan program agar  semua dosen dapat memiliki rekognisi.

Narasumber Dr Lukman ST M Hum yang sebelumnya bertugas pengembangan Jurnal ilmiah, menegaskan strategisnya peningkatan mutu publikasi ilmiah dan jurnal di kampus IAIN Surakarta. Sinta, Arjuna, sebagai portal ilmiah dan  jurnal  menempati posisi strategis  dalam konteks  rekognisi dosen.

Secara berkala Sinta, akan melakukan  perangkingan terhadap seluruh dosen  secara nasional. Dengan demikian, reputasi dosen  dapat secara realtime terlihat dalam Sinta.  Untuk meningkatkan  mutu jurnal, maka diperlukan budaya mutu pengelolaan jurnal misalnya melalui  Omah Jurnal.  Dengan pola saat ini,  akreditasi  jurnal dapat dilakukan secara lebih cepat.  Shirkah sebagai salah satu jurnal Sinta 2 di kampus IAIN Surakarta memiliki  kans yang baik, untuk diajukan ke Sinta1 asal dapat meningkatkan  silaturahmi atau jejaring  ke berbagai  universitas di luar negeri di berbagai belahan dunia.

Acara workshop menghasilkan draft  panduan peningkatan  rekognisi dosen yang akan difinalisasi oleh tim LPM IAIN Surakarta.