Bg

Berita - IAIN Surakarta

TIM AMI IAIN SURAKARTA AUDIT LPM

10 Agustus 2020

Senin, 27 juli 2020 pukul 13.00-15.30 LPM IAIN Surakarta mendapat giliran diaudit oleh tim auditor AMI IAIN Surakarta. Tim auditor dipimpin oleh Dr. Imam Makruf, M.Pd., dengan anggota  Dr. Nashirudin, M.Ag, M.A, dan Dra. Noor Alwiyah, M.Pd. Dra. Noor Alwiyah merupakan auditor AMI terbaik tahun 2019. Semua pimpinan dan staff LPM dapat mengikuti proses audit. Pelaksanaan audit diawali sambutan dari ketua LPM dan lead auditor yang dilanjutkan dengan  proses audit.

Audit pertama-tama diawali evaluasi  sasaran mutu yang telah ditetapkan oleh LPM berdasar rencana strategis LPM IAIN Surakarta. Dengan pola tanya jawab dan diskusi. Setiap auditor memberikan pertanyaan dan pendalaman yang kemudian ditanggapi oleh pimpinan LPM dengan pola kolaborasi yang diselingi dengan sedikit humor.  Sementara staf LPM membuktikan  ketersediaan bukti dokumen-dokumen. Tim auditor dengan teliti mengecek kesesuian sasaran mutu, dokumen yang dimiliki  dengan instrumen penilaian AMI tahun 2020.

Beberapa temuan auditor,  didokumentasi dan ditindaklanjuti   oleh Tim LPM. Hal yang kerap menjadi  catatan perbaikan adalah masalah pendokumentasian dan otorisasinya atas  pelaksanaan, evaluasi sasaran mutu, tindak lanjut hasil evaluasi dan perbaikan sasaran mutu.  Pelaksanaan audit mutu internal sangat memberikan manfaat  dalam menganalisa  keterpenuhan standar dan atau kekurangan yang terjadi, serta solusi-solusi bagi perbaikannya.  Dengan audit AMI yang merupakan kali kedua, tata pamong dan tata kelola LPM   dapat terus melakukan perbaikan berkelanjutan secara terukur.