Bg

Berita - IAIN Surakarta

REFRESHMENT ASESOR BEBAN KINERJA DOSEN (BKD)

19 Juli 2018

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Surakarta pada tanggal 18-19 Juli 2018 mengadakan kegiatan dalam rangka meningkatkan Mutu Pelaporan Kinerja Dosen dan penambahan Asesor BKD di lingkungan IAIN Surakarta. Kegiatan yang bertajuk dengan Refreshment Asesor BKD ini diadakan di Hotel Syariah Surakarta.

Dalam pembukaan kegiatan, Ketua LPM IAIN Surakarta, Dr. Muh. Nashirudin, M.A.,M. Ag., menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan ini merupakan terobosan bagi LPM IAIN Surakarta untuk memacu dan meng-up grade kompetensi serta wawasan bagi para asesor BKD dalam rangka pelaksanaan kegiatan pelaporan kinerja dosen di lingkungan IAIN Surakarta.Lebih jauh, Nashirudin, ketua LPM IAIN Surakarta dalam paparannya juga mengungkapkan progres dari LPM yang banyak kemajuan. Salah satunya upaya menguatkan kualitas SDM, terutama dosen, di lingkungan IAIN Surakarta, maka LPM IAIN Surakarta merasa perlu meningkatkan kuantitas dan kualitas Asesor BKD, baik Asesor BKD Nasional maupun internal, dengan nelakukan Refreshment Asesor BKD ini. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi para Asesor BKD dan menyesuaikan Pedoman BKD yang sudah ada dengan berbagai peraturan terkini yang terkait.

Wakil Rektor I IAIN Surakarta, Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, Lc, M. Ag., dalam sambutannya menghimbau bahwa langkah cepat untuk menjadikan IAIN Surakarta menuju ke UIN adalah melalui kegiatan peningkatan kualitas SDM dosen dalam hal ini dengan instrumen pelaporan kinerja dosen. Lebih lanjut Abdul Matin Bin Salman menerangkan asesor memiliki fungsi yang sangat penting dalam kegiatan asesmen dosen melalui pelaporan kinerja dosen. Oleh karenanya, IAIN Surakarta sebagaikampus yang senantiasa melakukan pengembangan dan perbaikan dalam kualitas pelayanan akademik maupun nonakademik memiliki kewajiban untuk melakukan pemberdayaan terhadap para dosen di lingkungan IAIN Surakarta.

Kegiatan Refreshment Asesor diselenggarakan terbagi dalam dua sesi pelaksanaan. Pada sesi pertama dilakukan rekomitmen dan penyamaan persepsi para asesor terhadap mekanisme LBKD dan sekaligus revisi tentang narasi dan redaksi yang berkaitan dengan setiap item di naskah LBKD. Kemudian pada sesi kedua, meng update berbagai peraturan terkini tentang BKD. LPM IAIN Surakarta, dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber dari UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Rosihan Ashlihuddin, S.Sos., MAB. Dalam pemaparannya, Rosihan Ashlahuddin menjelaskan secara detail dan spesifik tentang hal-hal yang berkaitan dengan aspek teknis maupun nonteknis dalam BKD.