Bg

Berita - IAIN Surakarta

LPM IAIN Surakarta Mengadakan FGD Sistem Dokumentasi Mutu

1 Agustus 2019

Focus Group Discussion Sistem Dokumentasi Mutu yang diinisiasi oleh Lembaga Penjamin Mutu IAIN Surakarta diselenggarakan pada 30-31 Juli 2019. Acara ini diikuti oleh puluhan tenaga kependidikan dan beberapa dosen yang menjabat sebagai pimpinan di lingkungan IAIN Surakarta. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Surakarta, Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, Lc. M.Ag., dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr.  H. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag., hadir sebagai perwakilan institut.

   

Acara yang diselenggarakan di Loji Hotel Surakarta ini dibuka dengan sambutan dari Ketua LPM IAIN Surakarta, Dr. Muh Nashirudin, M.A., M. Ag. Dalam sambutannya, Dr. Nashirudin mengungkapkan bahwa LPM IAIN Surakarta memiliki dua target utama, yaitu penggunaan sertifikasi ISO untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi serta mempersiapkan segenap jajaran IAIN Surakarta dalam akreditasi program studi maupun akreditasi perguruan tinggi dengan menggunakan 9 kriteria. Dengan adanya acara ini, LPM IAIN Surakarta mengharapkan para peserta agar dapat saling bersinergi dalam mengimplementasikan visi, misi, dan tujuan bersama.

Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Dan Pengembangan Lembaga IAIN Surakarta, Dr. Abdul Matin Bin Salman, Lc., M.Ag. Dalam sambutannya, Dr. Abdul Matin menyampaikan bahwa tugas besar bagi IAIN Surakarta adalah menyatukan visi dan misi bersama karena sering kali fakultas satu dengan fakultas lain memiliki standar yang berbeda dan belum berbasis pada standar mutu. FGD ini diharapkan dapat menjadi payung besar yang disepakati bersama sebagai landasan untuk saling bersinergi mewujudkan visi dan misi bersama, tambahnya.

Acara FGD Sistem Dokumentasi Mutu ini dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu penyampaian materi mengenai sistem dokumentasi mutu dan praktik penyusunan sistem dokumentasi mutu dengan pemateri Dr. Suliswiyadi, M. Ag. dan dipandu langsung oleh Ketua LPM IAIN Surakarta, Dr. Muh Nashirudin, M.A., M. Ag. Di hari pertama, materi yang disampaikan adalah mengenai Manajemen Sistem Dokumentasi dengan Standar ISO 9001:2015 dan praktik membuat flowchart pemetaan proses suatu kegiatan atau biasa disebut dengan algoritma. Praktik membuat flowchart algoritma ini menggunakan aplikasi bantu yang bernama Visio berdasarkan pada SOP dari masing-masing unit kerja di lingkup IAIN Surakarta. Materi di hari pertama ditutup dengan pembahasan mengenai Sinkronisasi 9 Kriteria Akreditasi BAN-PT dengan Standar ISO 9001:2015.

     

Acara di hari ke dua adalah praktik penyusunan sistem dokumentasi mutu yang dimulai pukul 08.00 WIB. Dr. Suliswiyadi, M.Ag. selaku pemateri memberikan masukan terkait desain flowchart algoritma yang telah dipresentasikan oleh perwakilan peserta FGD dari beberapa lembaga dan fakultas di lingkup IAIN Surakarta. Follow up dari acara ini adalah pengumpulan hasil analisis flowchart algoritma peserta serta Analisis Rencana Mutu dari setiap unit kerja di IAIN Surakarta. Laporan tersebut selanjutnya akan dicermati dan dievaluasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Surakarta guna peningkatan mutu institut. Acara FGD Sistem Dokumentasi Mutu diakhiri oleh moderator pada pukul 11.00 WIB dan ditutup dengan sesi foto bersama.