Bg

Berita - IAIN Surakarta

“Akselerasi Sistem Kerja PTKIN Menuju Akreditasi Mengacu pada 9 Kriteria”

29 Juli 2019

Perguruan Tinggi sebagai salah satu elemen dalam Sistem Pendidikan Nasional mempunyai tanggungjawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam konteks kekinian, maka perguruan tinggi harus merespon tantangan yang ada dan menerapkan paradigma baru sesuai kebutuhan masyarakat. Di setiap institusi, mutu adalah agenda utama dan meningkatkan mutu merupakan tugas yang paling penting. Peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi merupakan urgensi yang mendesak untuk segera dilakukan perbaikan.

Pemberlakuan instrumen Akreditasi Program Studi (APS) dengan menggunakan 9 kriteria menuntut setiap perguruan tinggi menyesuaikan diri, tidak terkecuali PTKIN. Instrumen akreditasi ini dikembangkan oleh BAN PT untuk mendukung pengembangan sektor pendidikan tinggi di Indonesia yang mengikuti perkembangan global. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi terbaru terkait dengan Instrumen Akreditasi Prodi versi 4.0 dengan 9 kriteria. Kegiatan dimaksudkan untuk meng-update beberapa hal terkait dengan instrumen yang diterbitkan oleh BAN-PT. Sehingga semua PTKIN yang hendak mengajukan proses akreditasi harus menyesuaikan dengan instrumen dan asesmen yang berlaku.

Dalam rangka menanggapi hal tersebut, Forum Lembaga Penjaminan Mutu PTKIN bekerjasama dengan IAIN SAS Babel pada tanggal 25-28 Juli 2019 mengadakan pertemuan yang membahas tentang “Akselerasi Sistem Kerja PTKIN Menuju Akreditasi Mengacu pada 9 Kriteria” dengan agenda utamanya adalah Identifikasi Dokumen Pendukung APS 9 Kriteria, baik dokumen sumber maupun dokumen-dokumen pendukung setiap kriteria. Agenda tambahan dalam pertemuan forum tersebut adalah pembahasan PMA tentang Penjaminan Mutu PTKIN dan AD/ART Forum Lembaga Penjaminan Mutu PTKIN.

Kegiatan kali ini melibatkan berbagai pihak yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya, di tengah kesibukan masing-masing dalam melaksanakan tugas utamanya. PTKIN mengirimkan Tim LPM untuk menghadiri acara tersebut. Tidak ketinggalan juga IAIN Surakarta mengirimkan dua orang wakilnya yaitu Dr. Waryunah Irmawati, M.Hum (Sekretaris LPM IAIN Surakarta) dan Dr. Fetty Ernawati, S.Psi.,M.Pd (Kapus Audit dan Pengendalian Mutu LPM IAIN Surakarta).

 

 

 

Diharapkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya peningkatan mutu, dan pada akhirnya akan memberikan kontribusi pada peningkatan mutu PTKIN dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.